CARA PRAKTIS MENULIS POSTINGAN DENGAN MICROSOFT WORD 2007

Posted on December 24, 2010. Filed under: Blog Tips | Tags: , , , |


Sebagian besar bloggermania membuat postingan baru dengan menggunakan editor RTF ataupun HTML langsung di dashboard blog provider. Untuk postingan singkat, tanpa disisipi gambar atau pun media lain, cara ini memang lebih praktis. Menyisipkan gambar, video dan media lain memang dapat dilakukan di “post editor”. Karena kita bekerja online kadangkala problem muncul saat akan meng”upload” media atau menyimpan draft, koneksi internet mendadak lemot. Kalau PC yang digunakan kebetulan bermerek ” Acer” alias (Agak Cerewet😀 ), alamat Windows jadi “crash“, komputer hang, kepala cenut-cenut, postingan belum disimpan..! Frustasi DL (Deh Loe !!! J😀 ). Itu sih pengalaman saya…!!!

Ada cara yang lebih praktis dan aman, bebas dari stress. Microsoft Office Word 2007 sekarang bisa digunakan untuk mengetik, mengedit dan bahkan langsung mempublikasikan postingan tanpa membuka akun (account) blog kita. Tentunya yang serba langsung ini memerlukan sedikit setingan pada Microsoft Office Word 2007. Jangan kuatir, nggak susah kok.!

Pada saat kita buka dokumen baru di Microsoft Office Word 2007, pilihlah template untuk blog, seperti ini.


Bila ini adalah pertama kali kita menggunakan Microsoft Office Word untuk membuat postingan, maka Microsoft Office Word akan menanyakan account blog kita. Data ini dapat diisikan langsung atau saat kita akan publish postingan. Saya memilih lebih baik proses ini kita lakukan setelah tulisan kita tuntas, karena kalau dilakukan di awal, Word akan menghubungi provider blog untuk memverifikasi account kita. Proses ini memerlukan koneksi yang benar-benar OK, kalau tidak, harus di-refresh. Anda tidak mau melakukan klik “refresh” yang tidak menyejukkan ini, kan????

Pada saat dokumen baru terbuka, tampilan toolbar Microsoft Office Word 2007 akan sedikit berbeda, yaitu dengan tampilnya menu tab “Blog Post” di pojok kiri atas, seperti ini.


Menu “Publish” memiliki 2 pilihan, langsung publish atau disimpan sebagai draft. Menu ” Home Page” digunakan untuk “terjun langsung” ke halaman depan blog kita. “Insert Category” adalah untuk menetapkan kategori tulisan yang telah tersedia di blog kita. “Open existing”?? Jelas lah membuka file blog kita (bukan blog tetangga …😀 ). Yang terakhir, inilah yang menghubungkan Word dengan provider blog.

Bila tulisan sudah siap ke TKP, menu “Manage Account” boleh di klik. Sebuah kotak konfirmasi akan terpampang.


Pilih provider blog dari dropdown list yang diberikan, klik “Next”. Sekarang akan diminta untuk memasukkan alamat URL blog kita, beserta username dan password yang digunakan untuk login ke account blog.


Pada isian http://<Enter your blog URL here>/xmlrpc.php masukkan alamat blog dengan menghilangkan tanda <>. Contohnya: http://blogdudatop.wordpress.com/xmlrpc.php&#8221;. Remember password boleh dicentang agar Word tidak menanyakan password setiap kali akan publish. Setelah OK di klik, maka Word akan memulai koneksi dengan blog provider. Bila berhasil, akan muncul informasi seperti ini:


DONE !…

Sekarang anda boleh publish, boleh menambah account, boleh juga istirahat….

Don’t try this at home…!!! Bagaimana menurut anda ?????
Sumber dan Link Terkait :

Help with Blogging in Word (http://office.microsoft.com/en-us/word-help/help-with-blogging-in-word-HA010164021.aspx?ver=12&app=winword.exe#BM1)


Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: