KARAKTER-KARAKTER UNIK DI FACEBOOK

Posted on November 30, 2010. Filed under: extramezzo, facebook | Tags: , , , |


Masih lekat di ingatan saya saat mengenal dan mendengar untuk pertama kalinya kata “fisbuk” yang ternyata “facebook” adalah ketika salah satu tv swasta menayangkan anggota dewan yang sedang bersidang.
Ketika salah seorang di-zoom kamera, yang bersangkutan sedang asik menatap layar notebooknya yang ternyata sedang membuka situs “fisbuk”. Saat itu langsung terlintas di fikiran saya, wah mainan baru macam apa pula nih..
Menilik namanya, pastinya ini kayak album yang dipenuhi foto wajah-wajah yang asik buat dipelototi.
Layaknya manusia biasa, saya pun penasaran ingin mencoba mainan baru dunia maya ini.
Setelah ikut terbawa arus “fisbuk”, ternyata asiknya bukan terletak pada memelototi foto wajah-wajahnya (karena foto yang diposting tidak selalu wajah-wajah menarik, justru kebanyakan yang aneh, unik, menggelikan dan kadangkala berwujud binatang…🙂 ).
Salah satu magnet “fisbuk” yang paling kuat ternyata ada pada secuil kolom kecil tempat dimana “fisbuker” menuliskan apa saja yang sedang terlintas di fikiran mereka, aktivitas atau pun kejadian yang dialami.

Selama kurang lebih setahun “menimba ilmu” di (F)akultas si(B)uk ini, saya paling suka mengintipi postingan status update teman, dengan komen-komennya yang seringkali bikin senyam-senyum sendiri.
Saya paling jarang update status, karena status saya sudah jelas, yakni “tanpa status”.Paling banter sekali waktu saya komen status teman kalau lagi kumat isengnya, hanya buat teman yang memang “welcome” tuk dijahili.
Dalam hal memberi komen, saya terkadang keliru menanggapi status yang serius dan penuh makna dengan komen yang serius pula, tapi teman yang lain menanggapi secara guyonan.
Celakanya, saat ada status yang sepertinya bernada iseng saya jahili dengan komentar rada “ngawur”, eh orangnya malah uring-uringan. Saya pikir, posting status dan memberi komen memang bukan suratan takdir saya……
   
Menariknya, postingan “status” yang datangnya dari sembilan penjuru dunia ini setelah saya cermati (“secara tidak ngawur”) ternyata mengungkap berbagai karakter insan yang menulisnya.
Menurut seorang pakar (yang bukunya saya lupa), karakter manusia ada 4 kategori, KOLERIK (si perfect tapi egois), SANGUINIS ( si periang tapi tapi seenaknya), MELANKOLIK (si tekun tapi sensitif) dan PLEGMATIS (si murah senyum tapi pemalu).

Si Kolerik, umumnya menulis status dgn nada menggebu-gebu, terlihat dari postingan semacam ini : (menurut versi saya)
 – cmangadh!!! beruzaha jd yG terbaik & terdepan…
 – pA An tuh, msaK zgitu ja ngg bcuuzz..
 – dandan oke, otak semeleketeeee..!!!
 – boseeeeeeeeeeeeen….!!!! ngg da yg menariiik!!!
 – zbuk,zbuukh….harI yg melelhkan… tp optimiz brow..smwa pasti bress..!!
postingan seperti ini juga termasuk :
 – ujan lg..ujn lg, ngg bisa jln2 oi… (kalau hujan)
 – puanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaasssss!! …. (kalau tidak hujan)
 – br*ngs*k, dah dikasi tau ngg percaya jg ! tanggung ndiri akibatnya !
 – f**k, mati lagi… kapan majunya Indonesia nih ??
 – bangkung meguyang cie, be bengkung sing bise ngudiyang…!

Sang Sanguinis cenderung untuk berusaha menarik perhatian, terwakili dengan postingan berikut (versi saya juga):
 – konser Irwan Fall feat kuburan band, 27022101, di mall g******, khusus cew gratis.. asal maw ma akoe, wkakakaka…
 – teman tapi mesra, bole ngga ya?
 – lupakan masalah moe, mari bersulang ..!! oke brow??
 – senam kebugaran tiap hari jumat di gor ***, instruktur cew sexy.. datang ya…! ada bagi-bagi anduk !!!
Ciri khas menonjol seorang Sanguinis adalah melakukan apa yang disukai, cenderung mengabaikan apa yang seharusnya, seperti posting berikut :
 – sulit dipercaya…, tu orang sok ngatur2..emang q kupikirin ??
 – lom selese tugas satu, e dah dikaci tugas lg… bossseeen…, mending nge-game, so wat ?
 – loe ko cerewet ? apa q di itoe moe… dp repotz, mending ka lauuuuut az..!!!
   
Karakter Melankolik bisa dikatakan hampir mendominasi postingan status, seperti berikut (lagi-lagi versi saya):
 – terima kazi buat all yg dah memberiku kasih selama ini..
 – kangen ma emak… tp emak ngga kangen aku..
 – lama kunanti dirimu,… akankah dkau muncul malam ini? (kurang jelas antara menunggu kekasih atau munculnya penampakan di makam mbah…)
 – walow 2012 kiamat, cinta kita khan abadi,..luph u mwah..mwah..
 – jawabanmoe kutunggu, tidakkah dkau mengerti perasaankoe? (setelah dicek ybs ternyata dah married…)
 – doooowww… bngung mo beliin doi bra.. ngga zmpat ngukur cie,… luph u hun…!!!
 – mari berdoa bersama untuk kejayaan dan keselamatan bangsa…
 – sukses itu relatif, tergantung kita menanggapinya. Sukses bukan hanya dinilai dari…dst,dst
termasuk postingan seperi ini :
 – ku mendkat dkau menjauh, ku menjauh dkau mendekat.. (ni pasti kutub magnet…)
 – duh, hidupku serasa sepi… (lagi di kuburan, malam malam, sendirian…)
 – ingin memiliki, malah kau sakiti (yg ini mo beli anjing cute, di jalan justru dikejar anjing rabiess..)
 – hepi valentine all..!!! mo beli bunga buat istri tercinta nih..!!! (beli bunga di bedugul dijual ke nusa dua, istrinya suplier bunga..!!)
 – cintaku,.. tanah airku… (baru jual tanah warisan…)

Terakhir, orang Plegmatis tercermin dari statusnya yang singkat2 tentang dirinya :
 – mo makan aaaah..
 – maw ke blakang dl aaaahhh..
 – kopi susu, mantabs..
 – bo2 dl aaahh..
 – bangun pagi, cheeeeeeeeer..!!
 – ngejuk be malu..
 – srupuuut, arrrrgh…

Si Plegmatis kadang mengeluh :
 – ufgh…. kapan penderitaan ini berakhir..
 – mo bunuh diri…!!
 – dah waktunya plg disuruh nge-pel lagi…
 – inguh atine pukh..

Di luar daripada itu (wah, spt teks pidato ja..), banyak posting status yang saya bingung tuk meng-kategorikannya; termasuk di dalamnya :
 – satu, dua, tiga….
 – merah, kuning, hijau…
 – obral kaos, obral sandal, obral obrol…dst..

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: